Friday, October 26, 2012

Ciri-ciri Organisasi



Ciri-ciri organisasi
Ciri-ciri dari organisasi adalah :
a.      Adanya komponen ( atasan dan bawahan).
Harus memiliki pemimpin untuk meleadershipkan para anggotanya.
b.      Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
Memiliki kerjasama yang saling menguntungkan dari sekelompok individu
c.       Adanya tujuan.
Tujuan ini harus jelas.
d.      Adanya sasaran.
Sasaran dari tujuan organisasi ini juga harus ditetapkan.
e.      Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
Jelas tata tertib dari organisasi ini harus diberlakukan  dan harus ditaati oleh setiap anggota.
f.        Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
Koordinasi tugas-tugas dimaksudkan agar setiap anggota mendapatkan pembagian tugas yang merata dan adil.

Unsur-unsur organisasi
Komponen dari unsur-unsur organisasi adalah:
1.     Manusia (Man).
Sebagai penngerak organisasi tentu saja.
2.     Kerjasama.
Sekelompok manusia ini bekerjasama dan didasari oleh aturan-aturan yang berlaku
3.     Tujuan Bersama.
Mereka b ekerjasama untuk mencapai tujuan bersama
4.     Peralatan (Equipment).
Mereka juga memiliki peralatan-peralatan yang digunakan berdasarkan aturan-aturan.
5.     Lingkungan.
Lingkungan yang kondusif untuk dilaksanakannya tujuan dari organisasi ini
6.     Kekayaan alam.
Mengandalkan kekayaan alam untuk mencapai suatu tujuan
7.     Kerangka/Konstruksi mental
Memiliki kerangka organisasi yang jelas.



Berdasarkan  garis besarnya  organisasi mempunyai tiga unsur yaitu :
1. Manusia.
2. Kerjasama.
3. Tujuan bersama-sama.

Dan unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
- Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
- Harus ada orang-orang yang bekerja sama(sedikitnya antara 2 orang)
- Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
- Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.
Teori Organisasi

   Organisasi,sudah pasti memiliki teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli dan menunjang suatu organisasi tersebut.Pengertian dari Teori  organisasi adalah suatu studi yang membahas suatu masalah pertinjauan , pendapat , pandangan pola pikir, ajaran yang bertujuan untuk memecahkan suatu masalah yang dilakukan secara bersama demi mencapai suatu tujuan.seperti yang saya kemukakan sebelumnya,teori ini dikemukakan oleh orang-orang  demi menjalankan fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat di lingkungan kerja mereka yang dituntut untuk bisa melakukan pekerjaan secara bersama secara kompleks dan efisien.
Berikut ini adalah Teori Organisasi yang dikemukakan oleh para ahli :
Teori Birokrasi ;
Teori ini ditemukan oleh MAX WEBER (sosiolog asal jerman) dalam bukunya yang berjudul “The Protestahnt Ethic and Spirit of Capitalism” dan “The Theory of Social and Economic Organization” .





 Teori Menejemen Neo Klasik
Teori ini adalah teori yang muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan juga merupakan salah satu teori penyempurnaan dari teori klasik. Teori ini menekankan pada pentingnya aspek pisikologis dan social karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja.

Teori Modern
Disebut juga dengan teori ‘analisa sistem’ atau ‘teori terbuka’ yang memadukan dengan teori klasik. Secara tidak langsung teori modern melihat bahwa semua unsur organisasi sebagai suatu kesatuan yang saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan. Organisasi bukan sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan sistem terbuka yang berkaitan dengan lingkungan.

0 comments:

Friday, October 26, 2012

Ciri-ciri Organisasi

Posted by BlushyblushyBlog at Friday, October 26, 2012


Ciri-ciri organisasi
Ciri-ciri dari organisasi adalah :
a.      Adanya komponen ( atasan dan bawahan).
Harus memiliki pemimpin untuk meleadershipkan para anggotanya.
b.      Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
Memiliki kerjasama yang saling menguntungkan dari sekelompok individu
c.       Adanya tujuan.
Tujuan ini harus jelas.
d.      Adanya sasaran.
Sasaran dari tujuan organisasi ini juga harus ditetapkan.
e.      Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
Jelas tata tertib dari organisasi ini harus diberlakukan  dan harus ditaati oleh setiap anggota.
f.        Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
Koordinasi tugas-tugas dimaksudkan agar setiap anggota mendapatkan pembagian tugas yang merata dan adil.

Unsur-unsur organisasi
Komponen dari unsur-unsur organisasi adalah:
1.     Manusia (Man).
Sebagai penngerak organisasi tentu saja.
2.     Kerjasama.
Sekelompok manusia ini bekerjasama dan didasari oleh aturan-aturan yang berlaku
3.     Tujuan Bersama.
Mereka b ekerjasama untuk mencapai tujuan bersama
4.     Peralatan (Equipment).
Mereka juga memiliki peralatan-peralatan yang digunakan berdasarkan aturan-aturan.
5.     Lingkungan.
Lingkungan yang kondusif untuk dilaksanakannya tujuan dari organisasi ini
6.     Kekayaan alam.
Mengandalkan kekayaan alam untuk mencapai suatu tujuan
7.     Kerangka/Konstruksi mental
Memiliki kerangka organisasi yang jelas.



Berdasarkan  garis besarnya  organisasi mempunyai tiga unsur yaitu :
1. Manusia.
2. Kerjasama.
3. Tujuan bersama-sama.

Dan unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
- Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
- Harus ada orang-orang yang bekerja sama(sedikitnya antara 2 orang)
- Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
- Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.
Teori Organisasi

   Organisasi,sudah pasti memiliki teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli dan menunjang suatu organisasi tersebut.Pengertian dari Teori  organisasi adalah suatu studi yang membahas suatu masalah pertinjauan , pendapat , pandangan pola pikir, ajaran yang bertujuan untuk memecahkan suatu masalah yang dilakukan secara bersama demi mencapai suatu tujuan.seperti yang saya kemukakan sebelumnya,teori ini dikemukakan oleh orang-orang  demi menjalankan fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat di lingkungan kerja mereka yang dituntut untuk bisa melakukan pekerjaan secara bersama secara kompleks dan efisien.
Berikut ini adalah Teori Organisasi yang dikemukakan oleh para ahli :
Teori Birokrasi ;
Teori ini ditemukan oleh MAX WEBER (sosiolog asal jerman) dalam bukunya yang berjudul “The Protestahnt Ethic and Spirit of Capitalism” dan “The Theory of Social and Economic Organization” .





 Teori Menejemen Neo Klasik
Teori ini adalah teori yang muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan juga merupakan salah satu teori penyempurnaan dari teori klasik. Teori ini menekankan pada pentingnya aspek pisikologis dan social karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja.

Teori Modern
Disebut juga dengan teori ‘analisa sistem’ atau ‘teori terbuka’ yang memadukan dengan teori klasik. Secara tidak langsung teori modern melihat bahwa semua unsur organisasi sebagai suatu kesatuan yang saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan. Organisasi bukan sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan sistem terbuka yang berkaitan dengan lingkungan.

0 comments on "Ciri-ciri Organisasi"

 

My BlushyblushyBlog Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template