Ciri-ciri organisasi
Ciri-ciri dari
organisasi adalah :
a.
Adanya komponen (
atasan dan bawahan).
Harus memiliki pemimpin untuk meleadershipkan para
anggotanya.
b.
Adanya kerja sama
(cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
Memiliki kerjasama yang saling menguntungkan dari
sekelompok individu
c.
Adanya tujuan.
Tujuan ini harus jelas.
d.
Adanya sasaran.
Sasaran dari tujuan organisasi ini juga harus
ditetapkan.
e.
Adanya keterikatan
format dan tata tertib yang harus ditaati.
Jelas tata tertib dari organisasi ini harus
diberlakukan dan harus ditaati oleh
setiap anggota.
f.
Adanya pendelegasian
wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
Koordinasi tugas-tugas dimaksudkan agar setiap anggota
mendapatkan pembagian tugas yang merata dan adil.
Unsur-unsur organisasi
Komponen dari
unsur-unsur organisasi adalah:
1.
Manusia (Man).
Sebagai penngerak
organisasi tentu saja.
2.
Kerjasama.
Sekelompok manusia ini
bekerjasama dan didasari oleh aturan-aturan yang berlaku
3.
Tujuan Bersama.
Mereka b ekerjasama
untuk mencapai tujuan bersama
4.
Peralatan (Equipment).
Mereka juga memiliki
peralatan-peralatan yang digunakan berdasarkan aturan-aturan.
5.
Lingkungan.
Lingkungan yang
kondusif untuk dilaksanakannya tujuan dari organisasi ini
6.
Kekayaan alam.
Mengandalkan kekayaan
alam untuk mencapai suatu tujuan
7.
Kerangka/Konstruksi
mental
Memiliki kerangka
organisasi yang jelas.
Berdasarkan garis besarnya
organisasi mempunyai tiga unsur yaitu :
1. Manusia.
2. Kerjasama.
3. Tujuan bersama-sama.
Dan
unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
-
Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
-
Harus ada orang-orang yang bekerja sama(sedikitnya antara 2 orang)
-
Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
-
Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.
Teori Organisasi
Organisasi,sudah pasti memiliki teori-teori yang dikemukakan oleh para
ahli dan menunjang suatu organisasi tersebut.Pengertian dari Teori organisasi adalah suatu studi yang membahas
suatu masalah pertinjauan , pendapat , pandangan pola pikir, ajaran yang bertujuan
untuk memecahkan suatu masalah yang dilakukan secara bersama demi mencapai
suatu tujuan.seperti yang saya kemukakan sebelumnya,teori ini dikemukakan oleh
orang-orang demi menjalankan fungsinya
dan bagaimana mereka mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja
di dalamnya ataupun masyarakat di lingkungan kerja mereka yang dituntut untuk
bisa melakukan pekerjaan secara bersama secara kompleks dan efisien.
Berikut ini
adalah Teori Organisasi yang dikemukakan oleh para ahli :
Teori Birokrasi ;
Teori ini ditemukan oleh MAX WEBER (sosiolog
asal jerman) dalam bukunya yang berjudul “The Protestahnt Ethic and Spirit of
Capitalism” dan “The Theory of Social and Economic Organization” .
Teori Menejemen Neo Klasik
Teori
ini adalah teori yang muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan juga
merupakan salah satu teori penyempurnaan dari teori klasik. Teori ini
menekankan pada pentingnya aspek pisikologis dan social karyawan sebagai
individu ataupun kelompok kerja.
Teori
Modern
Disebut
juga dengan teori ‘analisa sistem’ atau ‘teori terbuka’ yang memadukan dengan
teori klasik. Secara tidak langsung teori modern melihat bahwa semua unsur
organisasi sebagai suatu kesatuan yang saling bergantung dan tidak bisa
dipisahkan. Organisasi bukan sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan
yang stabil akan tetapi organisasi merupakan sistem terbuka yang berkaitan
dengan lingkungan.
0 comments:
Post a Comment